Selasa, 18 Desember 2012

Cinta dan Kematian adalah Misteri

Kita kembali kepada masalah hak setiap orang, untuk mencintai dan dicintai. Cinta dan rasa suka cita tak dapat dipaksakan, kapan akan datang, juga kapan akan pergi meninggalkan kita. Bahkan kita tak akan dapat mengelak tatkala rasa suka dan cinta itu tiba-tiba datang atau pergi meninggalkan kita. Memaknai pesan di dalamnya adalah lebih bijak daripada menyesali atau meratapinya, karena di dalam cinta-Nya tidak akan ada lagi rasa sakit dan pedih selain indah dan suka cita.

Unik dan aneh adalah salah satu atau sebagian rasa yang bisa kita nikmati dan rasakan tatkala kita berbicara tentang cinta, yang tidak dapat sepenuhnya menggunakan logika dalam mencermati alur rasanya, juga tidak dapat sepenuhnya menggunakan perasaan. Logika dan perasaan, dalam berbicara tentang cinta hendaknya kita samakan tinggi dan rendahnya dalam menggunakannya. Untuk itu, dalam pemahaman rasa tertentu yang kita tak dapat lagi memahaminya, kita kembalikan saja cinta atau rasa itu kepada yang menciptakannya, agar makin terang benderang hati kita.

Kematian, mungkin dapat mengakibatkan cinta menjadi terasa begitu indah. Begitu juga dengan cinta, mungkin juga dapat mengakibatkan kematian menjadi begitu indah. Keduanya mengandung misteri yang tak terpecahkan. Begitulah luar biasanya cinta. Sakit akan terasa indah, tapi cinta memang tak dapat hanya dimiliki. Dia hanya bisa dimengerti bahwa dia terlalu indah hanya untuk dinikmati tanpa makna.

Seulas kata dari buku kumpulan cerpen Tentang Rasa

~ Kit Rose

Tidak ada komentar:

Posting Komentar